Kopi Dan Teh Amankankah Di Konsumsi ?




Antara kopi dan teh
            Meskipun kopi atau teh baik untuk di kesehatan, namun konsumsinya harus di batasi. Untuk itu, anda harus tahu bagaimana caranya membatasi diri untuk menghindari efek sampingnya. Sebuah survey menyebutkan beberapa hal mengenai kebiasan minum kopi atau teh setelah makan siang dan makan malam. Dalam survey dijelaskan bahwa minum kopi atau teh setelah makan akan berbahaya bagi kesehatan sistem pencernaan. Kopi atau teh menyerap protein, zat besi, dan vitamin dari makanan yang sebelumnya di makan sehingga makanan tidak dapat di cerna dengan baik
            Nah jika hal tersebut dilakukan berangsur-angsur, tidak menutup kemungkinan akan terjadinya gangguan kesehatan pada pencernaan. Sebelum semuanya merugikan, tidak ada salah nya mencoba menanggulangi nya dari awal. Berikut ini adalah beberapa tips berguna bagi pencinta kopi atau teh untuk mengelola asupan kopi atau teh.
1.      Hindari minum kopi atau teh setelah makan malam atau makan siang karena dapat membahayakan sistem pencernaan. Ganti dengan minuman yang menyehatkan, seperti air putih. Setelah beberapa jam baru bisa menyeruput kopi atau teh
2.      Berikan jeda untuk minum teh atau kopi antara 1 sampai 2 jam setelaj makan. Berikan waktu kepada sistem pencernaan untuk bekerja menyerap gizi yang terkandung dalam makanan sebelum kopi atau teh masuk.
            Jika anda tidak bisa menahan rasa ketagihan teh atau kopi, anda harus mensiasati, yaitu dengan membuat kandungan kopi dan teh cukup ringan untuk pencernaan dengan menambahkan susu atau es krim pada kopi dan lemon untuk teh.
Aman konsumsi teh
            Pengalaman minum teh sulit dan dapat dibandingkan dengan menikmati segelas anggur. Ini semacam seni dan budaya yang berasal dari berbagai faktor, dari rasa hingga kualitas daun teh yang digunakan, dari teknik pembuatan hingga lama waktu pembuatan. Kesluran faktor benar-benar menetukan.
            Untuk memaksimalkan rasa teh ada beberapa panduan cara membuat nya. Pertama, direkomendasikan untuk memulai dengan air dingin yang sudah disaring. Aduk air perlahan bersama teh hitam dan oolong dan kemudian tuang diatas daun teh. Karena teh hijau dan putih mudah terbakar dan menjadi pahit, gunakan air di bawah teh yang direbus. Rendam sesuai dengan selera yang di inginkan. Biasanya teh hijau di rendam hingga 3 menit dimana teh lain dapat direndam 5-8 menit.
            Selalu ada fakta baru mengenai khasiat teh. Yang terakhir menyebutkan bahwa minum teh tak hanya menimbulkan efek menenangkan diri, tapi juga dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil, mencegah osteoporosis, memulihkan kerja otak, dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Tak heran bila teh menjadi minuman favorit kedua setelah air putih.
Aman konsumsi kopi
            Selain biji, kualitas kopi juga ditentukan oleh bagaimana kopi itu di simpan. Jika ingin membeli kopi, pilihlah yang dikemas dalam bungkus kedap udara dan tidak tembus pandang. Perlu di ingat bahwa mush utama kopi adalah udara dan cahaya.
            Untuk penyajian, seduh sesendok bubuk kopi dengan air panas. Air panas yang dimaksud disni adalah gelembung pertama didihan air. Artinya, air tersebut tidak terlalu lama mendidih di atas api kompor tapi bila air terlalu lama mendidih, diamkan 2 menit sebelum diseduh. Saran lainnya, jangan langsung meminum kopi yang baru di aduk dalam cangkir. Agar benar-benar nikmat waktu di minum, kopi yang telah di seduh itu harus di minum dalam jangka waktu 30 menit setelah di hidangkan. Berikut ini dijelaskan hal-hal yang perlu di ketahui baig para peminat kopi.
1.      Dosis
Memang belum ada ukuran yang pasti untuk dosis kopi yang boleh di konsumsi orang. Namun, kebanyakan penelitian mengungkapkan bahwa minum 300 mg cafein ( sekitar 1-3 cangkir kopi sehari ) tidak memberikan efek negatif pada orang sehat
2.      Sinyal bahaya
Ketika meneguk kopi memang terasa nikmat, namun sering kali di ikuti sejuta rasa bersalah. Kenali sinyal bahas\ya kopi sehingga kita tau kapan harus berhenti minum kopi. Sinyal bahya itu antara lain gelisah, jantung berdebar, gangguan tidur, dan gangguan mood ( misalnya cepat marah ) seorang peminum kopi yang menghentikan kebiasaan minum kopi nya dapat mengalami cafeine withdrawal yang ditandai oleh sakit kepala berdenyut, namun gejala ini akan hilang setelah 24-48 jam.
3.      Dengarkan respon tubuh
Setiap orang memiliki batasan sendiri mengenai konsumsi cafein. Kebanyakan orang dapat mengkonsumsi kopi 2 cangkir sehari tanpa masalah. Namun, ada pula yang mengalami efek buruk nya dengan jumlah konsumsi kopi yang sama. Ada yang bercerita setelah mimu, secangkir kopi mencajadi tak dapat tidur sepanjang malam,sebalik nya ada yang tertidur pulas setelah minum kopi. Jadi, cara terbaik adalah dengarkan respons tubuh sendiri.
4.      Kenali kandungan cafein
Setelah mengetaui dosis dan respons tubuh, ada baiknya kita mengetahui kandungan cafein dalam produk-produk yang sering konsumsi agar jangan sampai dosis kopi yang dianjurkan sudah tercapai, namun kita masih mengonsumsi produk-produk lain yang mengandung cafein. Beberapa produk lain yang perlu diperhatikan kandungan cafeine, misalanya soft drink, permen kopi, teh, coklat, dan obat sakit kepala.
Cara pengolahan ( roasting dan brewing ) juga berpengaruh terhadap kandungan cafeine dalam kopi. Sebagai contoh, sebuah penelitian menunjukan, secangkir kopi di starbucks mengandung rata-rata 259 mg cafeine dibandingkan dengan kopi dengan jenis dan ukuran cangkir yang sama di dunkin donuts yang hanya mengandung 149 mg cafeine.
Dari penelitian lain, kopi decaf ( kopi tanpa cafein ) baik untuk mereka yang mengalami obesitas karena dapat meningkatakan HDL sekitar 50%. Sedangkan pada mereka yang tidak mengalami obesitas justru dapat menurunkan HDL yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.
5.      Chek up
Lakukan pemeriksaan berkala terhadap kesehatan, dalam hal ini adalah ukuruan tekanan darah. Semakin dini hipertensi diketahui, semakin baik untuk penanganan selanjutnya
Nah dari sini harus memperhatikan ya segala hal ketika ngopinya.. jangan lupa selain untuk menjaga kesehatan dengan di aturnya jam ngopi. Mengurangi konsumsi kopi di pondok bias juga membuat kita lebih irit. Mungkin ini saja, semoga bermanfaat, sampai jumpa di edisi selanjutnya. See you. Bye**

Comments

Popular posts from this blog

Pesantren Al Masthuriyah Sukabumi

Pondok Pesantren Nurul Furqon

7 Fenomena Alam Super Keren